Opini

Opini

Opini

Jun 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Fordson School Michigan dan Zonasi Pendidikan

Oleh: Diyah Puspitarini (PP NA)

Kenal mobil merek Ford? Ya, yang harganya kalau di Indonesia lumayan mahal itu. Founder pabrik mobil Ford adalah Henry Ford, yang bisa dibilang asli keturunan Amerika.

Henry Ford (HF) membangun kerajaan mobilnya di Michigan, salah satu negara bagian di USA, merupakan daerah bagian utara berbatasan dengan Canada.

HF mencari tenaga kerja yang cukup banyak. Kebetulan banyak imigran Arab yang diterima dan menjadi pegawai dari perusahaan ini. Berpuluh tahun lamanya, akhirnya kaum imigran Arab merupakan penduduk terbesar ketiga di daerah Michigan. Makanya, jangan kaget kalau mendengar adzan dan melihat banyak masjid di pinggir jalan.

Selanjutnya, HF ini terketuk untuk mendirikan sekolah-sekolah sebagai bentuk donasi CSR perusahaannya. Dari primary school hingga perguruan tinggi. Fordson School cukup terkenal di USA, dibangun medio tahun 1922 sebelum Perang Dunia I.

Bangunan yang megah dengan tower yang tinggi itu, menandakan jika sekolah ini adalah sekolah yang bergengsi. Ketika Perang Dunia I, tower di sekolah ini menjadi tempat untuk mengintai pesawat Uni Soviet sekutunya yang melintas di US.

Nah, yang menarik, di sekolah ini selain bangunan yang artistik dan perpustakaan yang terkenal untuk syuting film “Dead Poets Society”-nya Robie Williams, sekolah ini menjadi tujuan utama anak-anak di sekitar Dorbone Michigan. Mengapa demikian?

Saya kebetulan mengunjungi Fordson School High School. Dan,  sekolah ini dulu private school. Tetapi karena heritage, akhirnya dijadikan publik school atau sekolah negeri. Jumlah muridnya mencapai 3.000 siswa. Beberapa alumni sekolah ini sudah menjadi gubernur negara bagian, senator, hingga atlet dunia dari berbagai cabang olahraga. Saat ini,dari 3.000 siswa yang keturunan Arab 90 persen, bahkan kepala sekolah dan gurunya juga sebagian besar keturunan Arab.

Adapun sebagian besar siswa di sini menganut agama Islam. Sehingga ketika masuk sholat Jum’at, juga diberikan kesempatan untuk melakukan sholat Jum’at di luar sekolah.

Mengapa jumlah siswanya mencapai 3.000 anak?

Di Dorbone ini hanya ada dua sekolah setingkat SMA, salah satunya FS ini. Karena di US menganut sistem zonasi, maka siswa di jarak terdekat dari sekolah ini, secara otomatis masuk ke sekolah ini.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here