Opini

Opini

Opini

Jun 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Semangat Kerelawanan dan Kerjasama Antarlembaga: Kesungguhan Peserta Rakornas Pesantren Muhammadiyah IV

Oleh: M. Habib Chirzin

Ada kenikmatan dan kebahagiaan tersendiri ketika saya menyimak presentasi dan diskusi, menunggui serta mengamati diskusi di 10 sidang komisi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pesantren Muhammadiyah IV.

Kegiatan Rakornas Pesantren Muhammadiyah IV yang dilaksanakan di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kali ini, menerima masukan yang berharga dari Dr Dahlan Rais (PP Muhammadiyah), Prof Dr Sofyan Anif (Rektor UMS), pengurus LP2M, beberapa mudir pesantren dari berbagai daerah, Prof Dr Muhajir Effendy (Mendiknas RI), Ust. Afif Hamka (Majelis Tabligh), Prof Dr Syamsul Anwar (Majelis Tarjih dan Tajdid), Dr Syamsuddin Ahmad (Majelis Dikti), AMCF dan lain-lain.

Sangat menarik pula ketika saya menyaksikan kesungguhan para peserta dalam mengikuti sidang-sidang komisi, yang terdiri dari 10 komisi itu.

Adapun ke sepuluh komisi itu adalah komisi I meliputi buku ajar MTs/SMP,  komisi II: buku ajar MA/SMA/SMK, komisi III: kurikulum dan silabus MTs/SMP, komisi IV: kurikulum dan silabus MA/SMA/SMK.

Adapun komisi V: buku panduan PesantrenMu, komisi VI: budaya PesantrenMu, komisi VII: tatakelola PesantrenMu, komisi VIII: kaderisasi PesantrenMu, komisi IX: kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan PesantrenMu dan komisi X: rekomendasi  (kelembagaan, tatakelola dan kaderisasi).

Sampai akhir acara, saya lihat peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pesantren Muhammadiyah IV dengan khidmat mengikuti dan berpartisipasi serta penuh semangat dan perhatian.

Mereka hadir dengan biaya mandiri dari masing-masing pesantren. Demikian pula untuk penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pesantren Muhammadiyah IV ini, masing-masing berkontribusi, dengan dukungan fasilitas dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Suatu semangat kerelawanan dan kerja sama antarlembaga yang patut terus dipelihara dan dikembangkan.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here