Opini

Opini

Opini

Jun 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Membangun Sinergi dan Meningkatkan Nilai Diri

Oleh: Ahmad Syauqi Soeratno

Sinergi. Kata ini, seakan menjadi andalan para pelaku bisnis untuk menyiasati persaingan yang begitu cepat dan tak terduga.

Keterbatasan berbagai sumber daya yang dimiliki, dihadapkan dengan pesatnya kemajuan teknologi, masifnya pergerakan modal dan cepatnya pergeseran kebutuhan pelanggan, memaksa setiap pelaku bisnis untuk semakin cerdas membaca peluang, semakin kreatif mengelola sumber daya dan semakin jeli memilih mitra bisnis yang sesuai.

Kerja sama antarpihak yang saling menguntungkan, saling menutup kelemahan dan saling meningkatkan nilai tambah, menjadi tujuan yang hendak dicapai bersama.

Efisiensi dapat dicapai. Pasar menjadi semakin terkelola dan keuntungan akan datang dengan sendirinya. Itulah prinsip dilakukannya sinergi.

Untuk itu, kita harus memaksimalkan sinergi, terlebih dalam sebuah lembaga yang tertata dan terintegrasi.

Semoga kita dapat saling memperkuat sinergi dan membangun good corporate governance dalam mengelola segenap potensi daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Dan, pada akhirnya peran BUMD sebagai prime mover perekonomian daerah dapat berjalan secara maksimal.

Tak kalah pentingnya, kita harus segera bekerja, mengidentifikasi peluang dan mengkonsolidasi berbagai potensi untuk kepentingan warga masyarakat dan daerah di seluruh Indonesia dan demi kepentingan pembangunan ekonomi nasional pada umumnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here