Opini

Opini

Opini

Jun 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Menyegarkan Wawasan

Oleh: Ahmad Syauqi Soeratno*

Saat ini kita harus menyegarkan wawasan, membersamai perubahan dan memperluas kemanfaatan.

Dari berbagai diskusi di forum-forum manajemen, pembahasan tentang bermacam fenomena manajemen dan kepemimpinan, tidak bisa dilepaskan dari isu-isu disrupsi di era millenial.

Hampir di setiap ruang diskusi dan bincang bisnis, selalu menyinggung tentang cepatnya lingkungan bisnis berubah karena pesatnya perkembangan teknologi.

Demikian pula dalam forum Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA Indonesia) tahun 2018 yang diselenggarakan Badan Pengurus Pusat/BPP AMA Indonesia, yang dihadiri oleh perwakilan Badan Pengurus Cabang (BPC) seluruh Indonesia pada tanggal 5-7 Oktober 2018 di Mercure Convention Center Jakarta.

Di saat para pelaku, pengajar dan pembelajar manajemen bertemu, hal-hal di atas itu mengemuka dan menjadi menu utama.

Corporate change, humanless organization, leading in digital era sampai fenomena digital nomaden, menjadi topik yang intens dibicarakan, baik di dalam maupun di luar forum.

Tantangan terbesar AMA Indonesia dan berbagai organisasi lainnya dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 saat ini adalah memastikan bahwa setiap program dan kegiatannya di berbagai daerah, selalu sejalan dengan perubahan lingkungan bisnis yang ada.

Tidak hanya itu. Organisasi juga harus dapat membawa program yang melahirkan impact dan mampu berperan nyata menjadi pendamping bagi anggota dan masyarakat bisnis, saat menghadapi berbagai riak perubahan lingkungan yang masih akan terjadi nanti.

Patut diapresiasi bahwa paparan program masing-masing BPC pada umumnya telah mengantisipasi tantangan di atas. Bahkan, tidak hanya seminar dan workshop, beberapa di antaranya telah menyelenggarakan program-program strategis seperti sertifikasi kompetensi manajemen sebagai standar kompetensi, yang nantinya akan diterapkan secara nasional oleh BPP.

Bersyukur masih diberi Allah SWT waktu untuk kembali menyegarkan wawasan tentang manajemen dan kepemimpinan di era millenial ini.

Dan sebagai Vice President, masih berkesempatan untuk berbagi gagasan dan bersilaturahim dengan para pegiat manajemen dan para senior AMA Indonesia dari seluruh daerah di Indonesia. Para senior dan pendahulu yang hingga kini masih aktif berkontribusi dalam perkembangan dunia manajemen Indonesia di berbagai lapangan kehidupan.

Sukses selalu untuk seluruh insan manajemen, AMA Indonesia. Tetap berkarya, tetap konsisten menebar manfaat. Memandang peluang dengan keyakinan dan memandang tantangan dengan optimisme, untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan.


*Penulis adalah Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here