Opini

Opini

Opini

Jun 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Juan Mata Pun Gemar Membaca

Oleh: Abdur Rauf *

Bagi penggemar ataupun pengamat sepak bola pasti sudah mengetahui sosok Juan Mata. Bagi yang belum mengetahui saya terangkan secara singkat. Juan Mata adalah seorang pemain sepak bola professional. Ia berkebangsaan Spanyol. Dulu di Spanyol Islam sempat jaya (711-1482 M). Atas jasa besar panglima Musa bin Nushair dan Thariq bin Ziyad pada tahun 92 H/ 711 M yang dapat menaklukkan Spanyol.

Kembali lagi ke Juan Mata. Juan Mata lahir pada pada tanggal 28 April 1988. Ia merupakan alumni Akademi Real Madrid. Musim 2006-2007 M Juan Mata bermain di Real Madrid Castilla. Kemudian musim 2007-2008 ia diboyong oleh Valencia sesama club sepak bola Spanyol. Pada musim 2011-2012 hijrah ke Liga Inggris. Ia bermain di club favorit saya yaitu Chelsea FC. Hanya sekitar dua musim Juan Mata berseragam Chelsea FC. Tepatnya tahun 2014 Juan Mata berpindah ke club Manchester United hingga sekarang.

Itu sekilas tentang karier sepak bola Juan Mata. Di samping sebagai pemain sepak bola professional, ada hal menarik lain yang ingin saya sampaikan tentang Juan Mata. Bertepatan hari Jum’at tanggal 2 Maret 2018 lalu, saya membaca berita di republika.co.id. Di laman berita sepak bola saya membaca berita tentang Juan Mata. Disebutkan bahwa di samping sepak bola ia mempunyai kegemaran lain yaitu gemar membaca. Ia mengungkapkan bahwa aktivitas membaca tidak dapat dipisahkan darinya. Baginya membaca sudah menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Menurut Juan Mata, membaca buku apapun membuatnya punya wawasan yang lebih luas. Hal ini menurutnya sangat berguna dalam menciptakan variasi perspektif. Membaca itu benar-benar sangat fantastis karena membuat kita bisa melihat sesuatu secara berbeda. Apa saja yang dibaca akan berguna asalkan itu memberikan kita rasa nyaman. (Lihat republika.co.id, Jumat (2/3)).

Biasanya sebelum bertanding atau sedang dalam perjalanan Juan Mata memanfaatkannya untuk membaca buku. Atas dasar kegemarannya dalam membaca inilah, Juan Mata menghibahkan sejumlah koleksi bukunya untuk menyambut hari Buku Dunia tahun ini. Buku-buku berbahasa Spanyol ini disumbangkan Juan Mata untuk sekolah Royton Hall Primary di Inggris yang merupakan sekolah binaan yayasan MU berkerja sama dengan The Oldham Academy North. (Lihat republika.co.id, Jumat (2/3)).

Demikian cerita lain tentang Juan Mata. Tujuan saya menyampaikan ini adalah supaya kita sama-sama mempunyai kebiasaan gemar membaca. Karena banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari aktivitas membaca. Berkaitan dengan pentingnya membaca ini, Majelis Tabligh PP Muhammadiyah juga merumuskan sebuah program yang disebut dengan The Nine Golden Habits (Sembilan Kebiasaan Emas). Salah satu dari sembilan kebiasaan emas tersebut adalah membaca. Membiasakan diri membaca buku lebih dari 1 (satu) jam perharinya. Di antara keutamaan dari membaca adalah sebagai berikut:

Pertama, membaca dapat mengantarkan seseorang memperoleh ilmu, yang dengannya Allah mengangkat derajat seseorang (Baca QS. Al-Mujadilah ayat 11). Kedua, dengan selalu membaca maka seseorang dapat mengambil manfaat dari kejadian dan pengalaman orang lain, sehingga memperoleh pelajaran darinya. (Baca QS. Al-Hasyr ayat 2).

Bahkan Rasul kita, Rasulullah SAW pun ketika menerima wahyu pertama dari Allah SWT diperintahkan untuk membaca. Ayatnya tidak asing lagi ditelinga kita, dan saya yakin kita semua hafal ayatnya. Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq ayat 1-5. Tapi apakah sudah kita aplikasikan perintah membaca dalam QS. Al-‘Alaq: 1-5 itu dalam keseharian?

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘Alaq, Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah, Yang mengajar manusia dengan pena, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.”

Khairu jaliisin fii kulli zamaanin kitaabun.

Semoga bermanfaat! Aamiin.


*Penulis adalah Alumni Fakultas Agama Islam UAD dan Anggota Komunitas Literasi Janasoe

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here