Opini

Opini

Opini

May 23, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Simak Penjelasan Pertanyaan "Menurut Kelangkaannya Udara yang Kita Hirup Termasuk?"

Simak Penjelasan Pernyataan "Menurut Kelangkaannya Udara yang Kita Hirup Termasuk

Oleh: M. Fajrul Falaq

MEDIAMU.COM - Simak Penjelasan Pernyataan "Menurut Kelangkaannya Udara yang Kita Hirup Termasuk?

Memaknai Peran Udara bagi Kehidupan

Udara merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk menjalani kehidupan di dunia. Setiap orang yang ingin beraktivitas dalam sehari-hari secara tidak sadar mereka akan menghirup udara untuk bisa memenuhi kebutuhan oksigen di tubuh kita masing-masing.

Kelangkaan dan Barang dalam Konteks Udara

Tentunya untuk segala aspek  memiliki situasi di mana bisa dikatakan sebagai kelangkaan. Contohnya, di sektor ekonomi. Ketika sektor ekonomi ini dikatakan mengalami kelangkaan ketika stok barang itu sudah tidak mencukupi dari permintaan yang ada. Sehingga dikatakan bahwa pada bidang ekonomi kelangkaan itu terjadi ketika barang itu tidak mencukupi.

Pengaruh Udara Bagi Kesehatan

Menurut penanganan medis udara ini bisa menjadi sebuah malapetaka ketika mengalami polusi udara yang di mana ini menjadi salah satu fenomena yang sedang banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Diungkapkan oleh menteri kesehatan bahwa polusi udara memberikan kontribusi sebesar 15 sampai dengan 30% terhadap penyakit paru-paru manusia. Sehingga udara ini memiliki peran penting di dalam aktivitas sehari-hari setiap orang.

Kelangkaan Udara

Membahas tentang kelangkaan maka kita akan terpikirkan dengan beberapa aspek di dalam kehidupan kita yang bisa memiliki nilai langka salah satunya seperti air dan makanan dan bisa juga sumber daya alam yang ada. Tak terkecuali juga dengan udara. Udara bisa juga memiliki kelangkaan ketika udara ini tidak memiliki kualitas dan kebersihan yang baik dan juga udara susah ditemukan ketika berada di dalam ketinggian.

Dalil tentang Pencemaran Lingkungan

وَلَوِ اتَّبَعَ الْحَقُّ اَهْوَاۤءَهُمْ لَفَسَدَتِ السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّۗ بَلْ اَتَيْنٰهُمْ بِذِكْرِهِمْ فَهُمْ عَنْ ذِكْرِهِمْ مُّعْرِضُوْنَ ۗ

Seandainya kebenaran itu menuruti keinginan mereka, niscaya binasalah langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya. Bahkan, Kami telah mendatangkan (Alquran sebagai) peringatan mereka, tetapi mereka berpaling dari peringatan itu. (QS Al-Mu'minun Ayat 71)

Langit dan bumi akan rusak jika yang dijadikan pedoman adalah hawa nafsu. Nafsu tidak mengenal kata henti dalam berburu kepuasan, keinginan, dan kerakusan. Berapapun yang berhasil diraih, itu tidak akan menjadikan manusia berhenti dari keinginan lain yang lebih dari sebelumnya.

Udara sebagai barang

Udara disebut sebagai barang Karena memiliki nilai yang dapat memuaskan kebutuhan manusia. Udara bisa dihirup di mana saja karena bertebaran di lingkungan sekitar barang ini bisa diartikan dia berwujud fisik peralatan pakaian, peralatan ekonomi, maupun sebuah pelayanan masyarakat.

Udara bisa dikatakan sebagai barang yang memiliki kekurangan ketika udara ini mengalami polusi yang di mana disebabkan dari emisi kendaraan bermotor maupun pembakaran hutan sehingga udara menjadi tercemar. Di situasi seperti inilah udara dikatakan mengalami kelangkaan walaupun bisa dikategorikan tidak lama.

Namun situasi seperti inilah yang membuat udara menjadi kotor sehingga masuk ke dalam tubuh manusia dengan zat-zat dan partikel-partikel yang kurang baik yang menimbulkan kerusakan di dalam tubuh manusia.

Udara termasuk barang Bebas?

Di dalam beberapa kesempatan biasanya ada sebuah pertanyaan yang berbunyi seperti ini " menurut kelangkaannya udara yang kita hirup setiap hari termasuk barang apa?"

Yang menjadi jawabannya adalah bebas. Karena udara yang kita hirup setiap hari termasuk kategori barang yang bebas.

Barang yang memiliki akses yang bebas maka Barang ini tersedia secara banyak dan berlimpah tanpa ada batasan dari siapapun dan hambatan tertentu agar bisa menikmati barang tersebut. Sehingga udara dikatakan sebagai barang yang bebas karena mudah dijangkau dan bisa menghirup secara alami tanpa batas dalam jumlah yang tidak ditentukan.

Udara Sebagai Barang Istimewa 

Jika ada jawaban tentang jawaban istimewa. Karena udara ini dihirup oleh banyak kalangan masyarakat dari para pejabat, para pedagang, para pembisnis semua memiliki kebebasan dalam menghirup udara sehingga udara ini tidak mengistimewakan beberapa hak dan beberapa kelompok.

Udara sebagai Barang Jasmani
Udara sebagai barang jasmani adalah untuk kelangsungan kesehatan tubuh manusia. Sama seperti halnya dengan udara sebagai barang istimewa udara sebagai barang jasmani juga dibutuhin oleh setiap manusia. Demi menopang kehidupan yang memiliki kualitas kesehatan yang baik.

Semua manusia ketika menghirup udara yang memiliki polusi yang tinggi maka itu dapat mengganggu kesehatan mereka. sebaliknya, semua manusia yang menghirup udara sehat maka akan baik untuk metabolisme tubuh mereka.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan udara merupakan kategori barang yang bebas. Karena udara memiliki kebutuhan dasar yang berlimpah dan tersedia tanpa batasan dan hambatan tertentu untuk kita menghirup udara. Maka kita bisa menghirup udara secara alami tanpa batasan.

Udara juga bisa bersifat langka ketika memiliki polusi udara yang tidak bisa dicerna oleh tubuh dan akan membuat kerusakan di dalam tubuh kita. Dan udara bisa dikatakan berlimpah ketika memiliki kualitas udara yang sangat baik dan sehat.

Demikianlah artikel tentang penjelasan pernyataan menurut kelangkaannya udara yang kita hirup setiap hari termasuk barang. Semoga bisa menjadi wawasan dan pengetahuan baru untuk kita semua. Simak artikel lainnya di mediamu.com

*Penulis adalah Tim Redaksi Mediamu

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here